Pentingkah Peran Orang Tua Untuk Anaknya ?

Peran Orang tua sangat dibutuhkan untuk anak anak nya itu sudah menjadi hal mutlak dalam hidup .
Namun tahukah anda seberapa pentingkah itu ?
sudahkah para orang tua memenuhi itu ?
apakah anak anak puas dengan cara kerja orang tuanya selama ini ?
lalu bagaimana orang tua yang di inginkan oleh anak anak nya ?

nah kali ini saya akan membahas semua pertanyaan pertanyaan itu


- Seberapa pentingkah peran orang tua ?
 menurut saya peran orang tua itu sangatlah penting untuk tumbuh kembang anak tersebut, saya mengamati dari segi psikologi, sampai sekarang ini masih saja ada orang tua yang tidak begitu berperan dalam kehidupan anak nya.Mereka masih saja hanya berpikir untuk kerja dan untuk memenuhi apa saja kebutuhan nya, tidak ! saya katakan tidak hanya itu yang dibutuhkan anak - anak. Sekarang ini anak anak hanya butuh kasih sayang mereka, dan Quality Time itu menurut saya harus kita lakukan minimal satu minggu sekali.Akan jadi apa anak itu juga termasuk dalam didikan orang tua nya. Banyak orang tua yang seolah mengabaikan nya, dan psikologis anak dengan hal itu pasti akan goyah, mereka masih labil, ya karena belum bisa untuk mengontrol emosinya. Nah sudahkah dapat anda simpulkan seberapa penting nya itu ?

- Sudahkah para orang tua memenuhi itu ?
saya katakan belum semua orang tua memenuhi nya. Nyatanya masih banyak saya melihat di pinggir jalan ketika saya berpergian, saya iba melihat nya, seolah tak tega melihat nya, menelantarkan anaknya kepinggir jalan untuk meminta minta ? apakah sudah baik peran orang tua seperti itu ? saya katakan jika anda (orang tua) tidak bisa memenuhi apa keinginan anak pada umumnya sebaiknya jangan menciptakan anak itu, tidakah kalian pikir masa depan akan anak itu ? tidakah anda merasa kasihan ? mereka akan begitu sepanjang hidupnya ? apakah kalian hanya ingin enaknya menciptakan anak tanpa bertanggung jawab ? apakah itu sudah memenuhi ? dan para orang tua apakah tidak ada komitmen sebelumnya ? ahhh entahlah, saya terkadang merasa lelah akan semuanya, saya yang bukan siapa siapa pun ikut merasakan dan memikirkan semuanya, saya tau saya masih kecil dan belum cukup umur untuk mengatakan ini semua, namun saya tidak akan berpikir seperti anak kecil juga ! akan jadi apa saya nantinya jika saya tidak kritis untuk hal ini semua ? salahkah saya berbicara seperti ini ? dan untuk orang tua yang hanya memenuhi kebutuhan anaknya dan tidak memperdulikan nya bagaimana dia di tempat sekolah, bermain, dan lingkungan nya ? tidakah anda takut ? mereka akan beranggapan bahwa anda tidak menyayanginya, pikirkan itu, dan orang tua sebaiknya memiliki batasan batasan untuk anaknya, dan berfikir untuk masa depan itu penting, apalagi semua planning dalam hidup itu sudah terencana dan tergarap dengan mulus, tidakah anda menginginkan itu semua ?
saya pun ingin menciptakan anak anak yang luar biasa untuk masa depan nya, saya tau saya belum mampu, tapi itu adalah sebuah harapan saya untuk menjadi yang lebih baik lagi. Apa pendapat anda mengenai ini ?

- Apakah anak - anak puas dengan cara kerja orang tuanya selama ini ?
ini membutuhkan sebuah penelitian, namun saya dapat katakan ini adalah relatif, ada anak yang mengatakan puas dan ada yang tidak. Bagaimana puas menurut anak ? puas menurut anak itu didefinisikan orang tua bisa menjadi orang tua yang baik untuk anaknya, itu sudah jelas dan ilmu pasti serta mutlak, namun, bagaimana dengan yang tidak puas ? diaman disana terdapat kekurangan, entah mungkin dari segi waktu yang terpenting, atau pembeda bedaan kepada anak yang satu ke yang lainya, dapatkah anda bayangkan ? sebaiknya kita instropeksi diri sebelum semua terlambat, untuk mejadi yang lebih baik ? kenapa tidak ? berani untuk bertindak ?

- Lalu bagaimana orang tua yang di inginkan oleh anak anak nya ?
 pastinya semua itu hanyalah harapan ketika yang baik baik di ucapkan. Ya semua hal baik yang diinginkan, tanpa saya jabarkan dapatkah anda memahami maksudnya ? namun menurut saya orang tua yang baik itu adalah dapat mengontrol anak nya untuk maju, dan bukanya untuk membiarkan apa maunya. Inget yah sesuatu itu pasti harus ada batasan nya, seperti halnya dalam pendekatan kepada anak, kita butuh bercakap halus agar anak mau terbuka kepada kita, tidak berkata kasar kepadanya, ya itu hal penting, karna sekali anak dikasari pasti mereka akan berpikir atau mempunyai mind set yang jelek, mendidik anak dengan kasih sayang dan halus nya tutur kata lebih baik daripada harus berkata kasar dan menggunakan kekerasan. Jangan katakan "nek dikandani rak dikasari kok rak iso" hey stop to say like that, mana ada sih di duinia ini yang di kasar ? pelan pelan tapi pasti, remember that, semua itu bisa jika kita berusaha dan bersabar . orang tua sangat diperlukan untuk mengontrol anak nya, memperhatikan nya, namun dengan satu syarat tidak sampai dengan privacy nya, biarkan anak anda mempunyai sebuah privacy, tidak harus semua anda ketahui tentang anaknya, batasan batasan itu perlu dan harus ada.Apalagi sampai mengekang seorang anak dengan membatasi segala dan memaksakan kehendak orang tua itu juga tidak baik loh. Nah sudahkah anda memahami nya sekarang ? 




 kira - kira seperti itulah apa yang dapat saya utarakan untuk para orang tua
semoga dapat memahami apa maksud saya.

terimakasih telah membaca
dapatkah tinggalkan sebuah komentar ?
silahkan kritik karna itu sangat saya perlukan

















Komentar

  1. >lin di kasihj referensi dari ahli sosial atau psikologi perkembangan anak akan sangat bagus.
    >sangat merekontruksi tulisan

    BalasHapus
  2. pertanyaan 1 : nggih mas, berpikir keras lagi dulu
    pertanyaan 2 : rekonstruksi maksudnya gimana ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Kepribadian Psikoanalisis menurut Karen Horney dan Teori Kepribadian Psikoanalisis menurut Harry Stack Sullivan

MAKALAH ATRIBUSI

MAKALAH HIERARKI KEBUTUHAN MASLOW