Psikologi Transpersonal Islam

nah kali ini saya akan berbagi informasi mengeni Psikologi Transpersonal Islam
apakah itu sebenarnya ?
apakah anda asing mendengar nya ?
jujur saya juga baru mengetahui nya beberapa hari yang lalu, dan saya mengetahui sedikit tentang hal ini
psikologi ini merupakan aliran baru dalam psikologi umum
Konsep utama manusia menurut Psikologi Transpersonal, bahwa manusia tidak hanya
mempunyai kesadaran psiko-fisis, psko-kognitif atau psikohumanistik, namun juga manusia
mempunyai kesadaran yang terdalam dan tinggi sifatnya.
Sedangkan metode psikologi transpersonal, oleh karena berbeda sama sekali dengan
metode pada aliran psikologi yang sudah kita kenal sekalam ini. Metode itu antara lain Zen,
semedi, Psikosintesis, Yoga, sufisme, dan Budisme.

Dan menurut apa yang ada di pikiran saya yaitu trans adalah sebuah perpindahan dan dapat saya simpulkan bahwa ini merupakan sebuah perpindahan dari kondisi personalitas yang satu ke personlitas yang lain.
para psikolog transpersonal akan mengakui bahwa ada banyak pengalaman manusia yang dapat kita catat, tidak hanya merupakan pengalaman empiris – inderawi atau kognitif-logik, tapi lebih dari itu, yaitu pengalaman batin (spiritual). Mereka mencoba membawa realitas spiritual ini termasuk dalam bagian domain psikologi.



kita dapat menyimpulkan juga bahwa ini menyangkut alam lain juga ? benarkah itu ?
dan ini merupakan penggabungan sebuah pemikiran pemikiran, dari pemikiran orang barat, timur tengah, dan mungkin budaya yang dan di negara saya ini yang lebih saya ketahui yaitu jawa, yang sangat kental dengan kue mistis nya ^^
dan mungkin saya adalah penderita psikologi trans ?
 pemikiran orang barat berbeda dengan pemikiran kita dan orang yang berada di timur tengah
orang barat sama sekali tidak pernah percaya jika tidak dibarengi dengan bukti yang kuat, dan orang timur tengah percaya sekedarnya, namun orang jawa mempercayai nya dengan sangat, dan ada beberapa yang tidak mempercayainya karna mereka tidak mengalaminya.

namun, tahukah anda siapa pelaku psikologi trans ini  ?
salah satunya adalah seorang sufi, ya mereka adalah bukti terkuat dalam psikologi trans ini, karena menggabungkan dua pemikiran, namun mereka lebih dalam hal spiritual nya, atau hal mistisnya.Semua orang dijaman nya ada yang tidak percaya dengan pemikiran nya dan hal - hal spiritual yang dialaminya, karna mereka semua tidak merasakan dan melakukan apa yang para sufi lakukan, kebersihan hati salah satu kunci mereka bisa dekat dengan Allah dan merupakan kunci awal dalam pembukaan hal menuju jalan spiritual.

Ini juga termasuk dalam kesadaran jiwa kita, dan juga bisa dikaitkan dengan DPD (double personality disorder) mungkinkah itu ? benarkah itu ?
saya juga tidak banyak tau menau
namun saya hanya berbagi apa yang saya ketahui saja
jika ada kritik saran
komen please
thanks ^^


Komentar

  1. Halo mas/mbak, kalau berkenan, saya mohon info konsultan psikologi transpersonal di daerah jateng/diy.
    Apakah harus di fakultas psikologi universitas, atau ada lembaga tempat praktek nya. Terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Kepribadian Psikoanalisis menurut Karen Horney dan Teori Kepribadian Psikoanalisis menurut Harry Stack Sullivan

MAKALAH ATRIBUSI

MAKALAH HIERARKI KEBUTUHAN MASLOW